Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Enak dibaca

Kali ini saya akan membahas contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar diperlukan bagi kamu yang ingin diterima di perusahaan impian. Ikuti panduan yang bisa kamu tiru agar dilirik oleh HRD!

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Enak dibaca

Salah satu berkas lamaran kerja yang penting yang harus dipersiapkan saat melamar kerja adalah surat lamaran pekerjaan.


Tak sedikit yang masih kebingungan membuat surat lamaran kerja.


Surat lamaran kerja harus dipersiapkan bagi kamu yang sudah siap masuk ke dunia kerja.


Setelah menemukan sebuah lowongan yang cocok, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.


Cara membuat surat lamaran kerja memang terlihat gampang.

Akan tetapi, tak sedikit yang mengalami kesulitan mengingat banyak faktor yang harus diperhatikan.

Mulai dari tata bahasa, format penulisan, hingga isi keseluruhan surat lamaran pekerjaan tersebut.


Cara membuat surat lamaran kerja harus ditulis padat, jelas, dan rinci serta tidak berlebih-lebihan.

Hal ini supaya surat lamaran kerja yang kamu buat bisa menjadi daya tawar dan dilirik perusahaan.


Ikuti contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar berikut ini!



Perihal: Lamaran Kerja


Yth.

HRD Manager PT caraKIRI

Gg. H. Rosidi, RT.003/RW.003, Banten, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten 15133

di tempat


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di media sosial LinkedIn bulan September 2022, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di PT caraKIRI.


Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:


Nama : Abdul rahman

Jenis kelamin : Laki-laki

Tempat/tgl lahir : Sleman, 14 Maret 1996

Alamat : Jl. Caang Poek No. 2, Ciamis

Pendidikan : S1 Manajemen, Universitas Padjadjaran

Telepon/HP : 0812345654


Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 4 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:


  1. Curriculum Vitae
  2. Foto ukuran 3 x 4
  3. Fotokopi KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotokopi Ijazah terakhir
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi surat pengalaman kerja
  8. Sertifikat

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.


Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat saya,

Abdul rahman




Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa dikirim via email atau via pos dengan menggunakan amplop lamaran kerja.

Setelah kamu melihat contoh surat lamaran kerja via email dan contoh surat lamaran kerja di PT ada baiknya memperhatikan tips penting berikut.


Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

Menggunakan kosakata bahasa yang baik dan benar.

Format penulisan yang tersusun rapi dengan bahasa yang tidak mengada-ngada.

Lengkapi dengan data2 yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat kalian melamar kerja.

Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat dan lainnya.

Selain itu, dipastikan juga bahwa tidak ada yang terlewat dalam format penulisan.


Format atau struktur membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:


  • Tempat dan tanggal penulisan.
  • Perusahaan yang dituju.
  • Salam hormat.
  • Kata Pengantar.
  • Biodata pribadi.
  • Pengalaman kerja dan skill.
  • Penutup.


Semoga bermanfaat, ya!



Posting Komentar untuk "Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Enak dibaca"

banner