Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Diterima

Ketika kalian sedang mencari pekerjaan, yang perlu kalian buat ketika melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang kalian lamar atau tidak. Kalian tentu harus mempromosikan diri kalian secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kerja.

Lamaran pekerjaan

Kalian tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang kalian inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang kalian inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat.


Contoh menulis lamaran kerja

 

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan


Berikut ini langkah-langkah membuat surat lamaran kerja. Tuliskan poin-poin berikut secara berurutan.


1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

Dimana kita membuat surat lamaran kerja tersebut.
Contohnya: 
Tangerang, 22 September 2022

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.

Kalian harus menulis jajaran direksi perusahaan tersebut
Contohnya:
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
               Di
           Tempat


3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.

Kalian diwajibkan menulis alamat perusahaan dengan.
Contohnya: 
Kawasan Industri Jatake Blok AG No. 8 Jalan Industri Raya IV Jatiuwung, Bunder, Kec. Cikupa, Banten 15136


4. Salam pembuka.

Kalian tidak harus mengucapkan assalamu'alaikum ya :)
Bisa ditulis seperti ini: 
Contohnya:
Dengan hormat,

5. Kata pengantar/pembukaan
Saat menuliskan kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.

Contohnya:
Sehubungan dengan informasi yang saya dapat dari internet, bahwa PT paragon technology and innovation sedang mengadakan lowongan pekerjaan sebagai operator produksi, maka untuk itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Bla bla blaa


6. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

Contohnya:
Nama : Abdul rahman

Jenis kelamin : Laki-laki

Tempat/tgl lahir : Sleman, 14 Maret 1996

Alamat : Jl. Poek pisan No. 2, Sumedang

Pendidikan : S1 Manajemen, Universitas Padjadjaran

Telepon/HP : 0812345654


7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

Contohnya:
Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 4 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.


8. Penutup
Tulislah bahwa Anda mempunyai keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

Contohnya:
Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.


9. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. 

Contohnya:
Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:
  • Pas foto (foto terbaru)
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Semoga bermanfaat dan di Terima lamaran pekerjaannya :)



Posting Komentar untuk "10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Diterima"

banner