10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Diterima
Ketika kalian sedang mencari pekerjaan, yang perlu kalian buat ketika melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang kalian lamar atau tidak. Kalian tentu harus mempromosikan diri kalian secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kerja.
Kalian tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang kalian inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang kalian inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat.
Contoh menulis lamaran kerja
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan
Berikut ini langkah-langkah membuat surat lamaran kerja. Tuliskan poin-poin berikut secara berurutan.
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan juga tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka.
5. Kata pengantar/pembukaan
Saat menuliskan kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.
6. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
8. Penutup
Tulislah bahwa Anda mempunyai keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
9. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda.
- Pas foto (foto terbaru)
- Fotokopi KTP
- Daftar riwayat hidup
- Fotokopi ijazah terakhir
- Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
Posting Komentar untuk "10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Diterima"